Saturday 4 April 2009

5 Tips “Ngasal” menulis artikel untuk blog

Pada masa awal ngeblog dulu saya selalu kebingungan untuk mencari ide tulisan untuk blog (sebenarnya sekarang juga masih sering kehabisan ide menulis). Beberapa bulan pernah nggak nulis sesuatu di blog, terhitung 2x saya berhenti dan meninggalkan blog ini, tetapi pada akhirnya saya kembali lagi. Hal ini terjadi karena frustasi melihat blog saya yang tetap seperti itu saja, nggak ada kemajuan, jalan ditempat.

Saya juga sering merasa iri melihat blog seperti fatihsyuhud.com, bayumukti.com, ekonurhuda.com, zalukhu.com, O-OM, Blog Kang Rohman, dll. Mereka seperti tidak pernah berhenti menulis, mereka selalu memiliki sejuta ide untuk dituangkan dalam bentuk tulisan di blog. Menurut pendapat saya ada satu kesamaan mereka yaitu sama2 bisa memberi sesuatu yang bermanfaat buat pembaca blog mereka, mereka tidak segan membantu blogger pemula tanpa dipungut biaya alias GRATIS. Saya banyak belajar dari mereka.

Banyak yang menyebut mereka sebagai ”selebriti blog”.

Apakah saat ini anda bingung mencari ide tulisan untuk blog anda?

Nah, dalam postingan kali ini saya mencoba menulis beberapa tips menemukan ide tulisan untuk blog. Saya haraf anda bisa menyadari kalau tulisan ini masih banyak kekurangan di sana sini dan masih butuh dukungan, saran & kritik dari rekan-rekan semua, sehingga suatu saat tulisan ini bisa lebih lengkap lagi.

Sampai saat ini saya juga masih merasa kesulitan dalam menemukan ide tulisan untuk blog, biasanya saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam (lebih sering berhari-2...) untuk menulis sebuah artikel/posting. Itu setelah ide tuisannya sudah ada, terus bagaimana lagi jika ide tulisan belum ketemu. Nggak kebayangkan berapa lama...?

Okey, berikut ini ada beberapa tips ”ngasal” untuk menemukan ide tulisan untuk blog anda, tips berikut adalah hasil pengalaman saya sendiri dalam dunia blogsphere. Saya sebut ”Ngasal” karena tips ini memang rada asal-asalan. Haraf maklum dan semoga bermanfaat :).

Nah, ini dia tips ngasal menulis artikel untuk blog

1. Tulis kegiatan anda sekarang
Jangan merasa minder untuk menulis sesuatu yang anda lakukan, nggak ada salahnya juga menulis apa yang anda lakukan sekarang. Misalnya saja anda lagi membuat template blogger, ya tulis saja prosesnya pengerjaannya, misalnya ”saya lagi membuat template blogger, sedikit bocoran niee...template ini saya kasi nama bla bla bla, fasilitasnya ntar bla bla bla, template ini sudah teroptimasi seo lho...”, atau anda lagi mendaftar/mengikuti di suatu program. Ya tulis saja pengalaman amda saat mendaftar disitus tersebut.

Sebagai contoh:
”Kemaren saya mendaftar di situs sponsored reviews, setelah submit blog, saya menunggu balasan email dengan haraf2 cemas, ”kira2 proposal saya diterima nggak ya”, pikirku. Namun setelah saya baca ternyata blog saya ditolak, berikut beberapa alasan dari sponsoredreviews kenapa blog saya ditolak:

Reasons for rejection may include:

1. Blog is too new and has poor stats, including little traffic and/or links.
2. Blog has too much paid content and does not meet our 2:1 ratio rule.
3. Blog was over-priced based on its stats and our suggested price.
4. Blog is written in a foreign language and does not follow guidelines on how to properly submit.

Sialnya, belum sempat saya menikmati hasil dari paid review, page rank blog ini sudah kena gebuk om Google. Apes banget sich...
Nah, gimana menurut anda? Pasti dong sudah punya pengalaman dalam blog, tulis saja sekarang tunggu apalagi.

Eiitthhh...tunggu dulu, sebelum menulis anda harus perhatikan juga mood anda, kira2 lagi baik nggak. Klu mood lagi jelek sebaiknya tunda saja dulu, ntar klu moodnya sudah bagus baru deh mulai nulisnya...

2. Menulis Ulang Artikel
Cara menulis artikel model ini hanya sebagai latihan menulis saja, jadi saya haraf setelah melewati masa latihan, cara ini harus anda tinggalkan. Artikel diblog orang lain bisa kita jadikan sebuah posting, tetapi dengan catatan jangan copy/paste, anda bisa menulis ulang artikel tersebut dengan gaya bahasa sendiri, tambahin juga dengan pengalaman sendiri, cari referensi tambahan, tujuannya agar tulisan anda terlihat lebih orisinil.

Kalau memungkinkan sebelum anda menulis ulang artikel tersebut anda minta izin dulu sama pemilik blog. Sebagai imbalan anda bisa menyebutkan sumber asli dari tulisan tersebut, itung-itung sebagai backlink gratis buat penulis aslinya.

Gimana, ada yang tertarik menulis ulang artikel diblog ini?

3. Update dari situs populer
Mungkin anda sudah sering membaca artikel jenis ini, anda masih ingat dong ketika google mengumumkan kalau penghasilan dari google adsense sudah bisa ditarik melalui Western Union. Anda pasti menemukan banyak sekali blogger yang menulis tentang topik ini dan biasanya akan jadi berita menarik karena berita semacam ini mempunyai segment pasar tersendiri. Dalam contoh ini semua publisher adsense.

Contoh lainnya, pada saat paypal mengumumkan bahwa paypal support bahasa indonesia” banyak juga blogger yang menulis tentang topik tersebut. Ada juga blogger yang menulis tentang rilis software2 terbaru seperti download antivirus PCMAV terbaru, download antivirus AVG terbaru, dll.

Nah, anda bisa juga melakukannya. Cari topik yang banyak diminati dan sesuai dengan blog anda, daftar melalui email subscriber atau rss feed sehingga berita langsung dikirim ke email anda/baca melalui rss feed seperti google reader, bloglines, dll. Sehingga jika suatu saat ada berita terbaru yang menarik anda bisa langsung menuliskannya pada blog anda. Sebagai contoh lihat tulisan saya sebelumnya.

4. Terjemahkan artikel orang lain
Cara yang satu ini tergolong gampang, tetapi anda harus bisa b. Inggris (bahasa yg dipakai untuk menulis artikel). Jika anda menemukan artikel yang menarik tetapi dalam bahasa inggris. Coba saja menterjemahkan tulisan tersebut kedalam bahasa Indonesia, tetapi sebelumnya hubungi dulu pemilik blog untuk minta izin apakah diizinkan atau tidak. Tetapi biasanya mereka akan senang, walaupun ada juga yang tidak suka dan jangan lupa untuk menyebutkan sumber asli (URL) artikel tersebut.

Ayo, siapa yang mau menterjemahkan artikel ini kedalam bahasa inggris?

5. Artikel Daftar (List)
Model posting ini simpel dan sangat mudah untuk dibuat, anda hanya perlu membuat daftar dari sebuah topik. Sebagai contoh lihat artikel saya sebelumnya download facebook wordpress themes, 20 cara meningkatkan traffic blog anda.

Nah, gimana? Sekarang anda sudah punya gambaran bagaimana cara menulis artikel jenis daftar ini, gampang kok. Anda hanya perlu membuat sedikit prolog/kata pengantar, buat daftarnya dan terakhir buat kata penutupnya, singkat juga nggak masalah. Misalnya,”ada yang mau menambahi” atau ”saya yakin daftar diatas masih perlu dilengkapi lagi, ada yang mau bantu nggak”.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita pilih untuk bisa menulis posting untuk blog, asal kita mau lebih peka terhadap lingkungan sekitar kita. Dari pengalaman saya, jangan cepat menyerah, jika menemukan masalah atau tersendat saat menulis ya tunda saja dulu, yang penting anda simpan hasil kerja anda tersebut pada tempat yang gampang anda temukan kembali.

Jika anda menulis pada secarik kertas, simpan saja didompet anda. Jika anda menulis langsung di blog, simpan saja di draft sehingga kelak bisa anda lanjutkan kembali. Jika suatu saat anda sudah punya cukup data/referensi yang cukup anda lanjutkan kembali tulisan tersebut sehingga bisa menjadi artikel yang lengkap dan siap untuk diposting ke blog.

Klu saya suka menyimpan sebuah ide itu dalam sebuah draft blog, sehingga jika pada waktu browsing ketemu topik yang terkait dengan ide tersebut, saya langsung membuka draft dan mengupdate ide tersebut, begitu seterusnya. Sehingga suatu saat sebuah ide yang hanya terdiri dari beberapa kata bisa menjadi sebuah tulisan yang siap untuk dipostingkan diblog.

Pada awalnya hal ini akan terasa berat tetapi jika anda mempraktekkan dengan konsisten dan fokus saya yakin anda pasti bisa seperti ”selebriti blog” lainnya, yang konon bisa menulis sebuah artikel hanya dalam beberapa menit saja. Kok konon sich...

Okey, saya haraf ide ”ngasal” ini bukan sekedar asal-asalan saja tetapi bisa memberi sedikit manfaat buat teman-teman blogger. Seperti biasa, klu ada yang mau protes silahkan pada bagian komentar.

Apa??? Ada yang mau menambahkan?

No comments:

Post a Comment