Tuesday 28 August 2007

Blogging: Tips Writing Effective Headline

Have you ever written a fantastic article and you haven’t got any link love from it? Maybe that’s because no one got interested in reading it in the first place. Why? Because of your headline!

Banyak orang tidak mau untuk membaca tulisan kita jika mereka tidak tertarik dengan apa yang mereka lihat pada paragrap pertama, tetapi bahkan banyak orang tidak ingin membaca headline/ melewatkan headlinenya. Sebagai contoh saya banyak mengikuti RSS feeds dan tentu saja akan ada informasi/tulisan setiap harinya yang masuk ke-email saya. Untuk membaca semua informasi/tulisan tersebut pasti membutuhkan banyak waktu sehingga saya hanya akan membaca sebagian saja, tentu saja artikel/tulisan yang dapat menarik perhatian sehingga mau tidak mau saya harus membacanya.


Sekarang bisa dilihat dengan menulis macnetic headlines kita bisa membuat orang untuk selalu membaca artikel/tulisan kita, jadi kita akan mendapat lebih banyak pengunjung, reader comments, high page rank, high traffic, yang pada akhirnya akan meningkatkan penghasilan adsense kita maupun program affiliasi yang lainnya. Sapa tahu juga ada diantara pembaca yang membuat link ke situs/blog kita.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk membuat headline yang efektif.

1. Headlines aesthetics
Buat headlines lebih menonjol dari isi postingan, misalnya ukuran tulisan lebih besar, warna yang lebih mencolok, gunakan huruf besar, kalau perlu buat latar belakang headlines. Sebagai perbandingan, “Get paid for surf the internet” and “GET PAID FOR SURF THE INTERNET”.

2. SEO aspect of headlines
Headlines/title post termasuk hal pertama yang menjadi perhatian dari search engine, jadi usahakan setiap anda membuat headlines/title harus mengandung keyword yang sesuai dengan isi postingan.

3. ”How to” Headlines
“How to headlines” merupakan gaya penulisan umum dalam blogsphere, jadi hanya headlines/title yang benar-benar bermutu yang akan menarik perhatian pembaca kita. Contoh: ”How to increase your traffic?”

4. ”How I” Headlines
Orang akan selalu tertarik untuk belajar dari pengalaman orang lain, jika anda menulis article seperti ”How I made $1000 in a month”, maka buat orang merasa ingin mengetahui bagaimana anda mendapatkannya.

5. ”The secret of” headlines
Orang pasti akan tertarik pada hal yang misterius, trick rahasia dan akan selalu ingin mengetahui lebih jauh lagi. Contoh: ”The secret of SEO”.

6. ”Quick way” headlines
Siapa sich yang tidak mau cara cepat? Apalagi kalau biaya internet yang mahal, kita pasti akan milih cara-cara cepat (selagi masih wajar lhooooo) dari pada harus surfing , browsing kemana-mana dan makan waktu yang lama lagi.


7. ”List post” headlines
Menurut anda mana lebih bagus/menarik perhatian title ‘Increase paid survey revenue tips’; atau ‘7 ways to increase paid survey revenue’.

8. ”Funny, Unik” headlines

Walaupun sebenarnya isi postingan anda bukan membahas tentang hal-hal yang lucu abis, tapi kalau disajikan secara unik dan sedikit lucu pasti akan membuat pengunjung merasa harus membaca postingan tersebut. Contohnya lihat disitus Cosa Aranda pada postingan Situs Ini Adalah Situs PSK, tips: jangan sampai headlines/title tidak relevan dengan isi postingan, jangan sampai pembaca merasa dibohongi yang akhirnya kita dianggap kurang profesional, nanti yang rugi kita sendiri.

9. ”Provocative” headlines

Saya pertama kali lihat judul postingan seperti ini di blognya Priyadi dengan postingan "Anne Ahira Bukanlah Pahlawan, Dia Adalah Bagian Dari Masalah Internet". (Dalam hal ini saya tidak memihak pada siapa saja), tentu saja kita harus hati-hati dengan headlines/title yang satu ini karena ini sudah menyangkut pihak ketiga.

10. ”Tips, Tutorial” headlines

"Tips for getting backlink","Tutorial Pasang AdSense di Blogger", pemakaian kedua cara ini sudah sangat sering kita temukan bahkan para pemakai internet juga sangat sering memakai kata ini sebagai keyword pencarian di search engine, jadi sangat berpeluang sebagai pintu masuk ke blog kita. Semoga saja...

Nah, saatnya untuk istirahat dulu jangan lupa ya tinggalkan komentar dan kritik anda :). Semoga bisa memberi manfaat buat kita semua.

No comments:

Post a Comment